h1

mahasiswa dalam kehidupan bernegara

December 4, 2008

politik. kata ini pasti tidak akan asing di telinga para mahasiswa indonesia. dari zaman ke zaman mahasiswa indonesia selalu aktif mengikuti pergulatan politik di negeri ini yang masih di anggap carut marut oleh sebagian mahasiswa kritis saat ini. pendiri sumpah pemuda adalah sekelompok pemuda yang berkategori mahasiswa, perancang kemerdekaan juga berasal dari mahasiswa, pegolakan di tahun 1968, 1987,1997 dan tahun-tahun berikutnya juga selalu di sebut nama “mahasiswa”. betapa agungnya nama ini, hingga terus diperhitungkan. dengan skala yang sangat besar dan dengan potensi yang besar pula, mahasiswa telah menjadi basis perlawanan terhadap negara. namun di tunjang juga dengan sikap aktif dalam dunia pendidikan.

mahasiswa dalam kehidupan bernegara, harusnya menjadi instrumen nyata pemerhati kegiatan politik dalam suatu negara. harusnya mahasiswa mampu mendengar dan menyampaiakn dengan baik dan benar apa yang ingin disampaikan oleh rakyat jelata kepada pemerintah dengan penyampaian seorang intelektual yang berpikiran jernih dengan hati yang tenang. bukannya malah menciptakan kebencian dari masyarakat kepda mahasiswa seperti belakangan ini. lebih banyak aksi seporadis dari pada aksi damai yang terjadi, apakah ini merupakan efek kurangnya pamahaman oleh mahasiswa terhadap masalah yang ada di negeri ini? atau selama ini aksi-aksi yang terjadi tidak terkontrol dengan baik, seperti yang di lakukan oleh seorang Soe Hok Gie di tahun 1966 dimana ia menyampaikan gagasannya untuk melakukan aksi damai di jakarta walaupun berakhir dengan tragis.

peristiwa 1996-1998 dijakarta juga mengindikasi hal serupa yang dilakukan oleh Soe Hok Gie dan teman-teman di era lampau. mulai dari aksi damai, hingga emosi yang tak tertahankan dari mahasiswa dan akhirnya terjadi pergolakan yang menewaskan beberapa orang sahabat mahasiswa dan beberapa korban polisi juga. dan pada akhirnya kita kembali kepada itikad kita sebagai mahasiswa, terpelajar, berbudu luhur yang baik, kritis dan mampu meredam aksi masyarakat dengan jalan berdiskusi dan aksi damai, NAMUN, jika tidak direspon aksi-aksi separatis mungkin juga perlu di lakukan. karena pemerintah tidak akan pernah terusik oleh permintaan rakyatnya sebelum rakyatnya benar-benar menderita dan benar-benar kalap sehingga tercipta chaos yang benar-benar parah si negeri ini.

teruskan perjuangan kita para mahasiswa, namun perlu di ingat tugas utama kita adalah BELAJAR, BELAJAR dan BELAJAR, yang kedua, BERORGANISASI, yang ketiga, BERBICARA, dan yang keempat BERGAUL DENGAN UMAT SELURUH DUNIA untuk menambah wawasan tentunya.

salam MAHASISWA INDONESIA!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: